LANDASAN DAN PENGERTIAN BEKAM
1. BEKAM itu FARDHU
KIFAYAH
Imam Ghazali
ra berpendapat, yang dinukilkan dalam kitab Taysirul Fiqih lil Muslimil Mu’ashr
oleh DR. Yusuf Qardhawi pada hal. 235-236 :
Bekam adalah
termasuk fardhu kifayah. Jika di sebuah wilayah tidak ada seseorang yang
mempelajarinya, maka semua penduduknya akan berdosa. Namun jika ada salah
seorang yang melaksanakannya serta memadai, maka gugurlah kewajiban dari yang
lain. Menurut saya. Sebuah wilayah kadang membuthkan lebih dari seorang. Tapi yang
terpenting adalah adanya jumlah yang mencukupi dan memenuhi seukuran kebutuhan
yang diperlukan.
Jika di
sebuah wilayah tidak ada orang yang ahli bekam, suatu kehancuran siap
menghadang dan mereka akan sengsara karena menempatkan diri di ambang
kehancuran. Sebab Dzat yang menurunkan penyakit
juga menurunkan obatnya, dan memerintahkan untuk menggunakannya. Maka dengan
meremehkannya berarti sebuah kehancuran telah menghadang.
2. BEKAM ITU SUNNAH PARA RASUL
Iman Nawawi Al
Banthani menulis dalam kitab Tanqihul Qaul, hadits bahwa nabi SAW bersabda, “Dari
enam perkara sunnah para rasul, salah satunya adalah BERBEKAM.”
3. BEKAM ITU SEBAIK-BAIKNYA PENGOBATAN
Dari Ibnu Abbas
ra Nabi SAW bersabda, “Pengobatan itu ada tiga macam: (1) Minum madu, (2)
Berbekam, dan (3) Kay dengan besi panas. Dan aku melarang umatku untuk berobat
dengan kay.’ ( H.R. Bukhari )
Dari Humaid Ath
Thawil ra, dari Anas bin Malik ra, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya sebak-baik
pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam.” (H.R. Tirmidzi)
LANDASAN DAN PENGERTIAN BEKAM
Reviewed by Muhlisin
on
06:58
Rating:
No comments: