Sponsor

LANDASAN DAN PENGERTIAN BEKAM




LANDASAN BEKAM


1.       BEKAM  itu FARDHU KIFAYAH


Imam Ghazali ra berpendapat, yang dinukilkan dalam kitab Taysirul Fiqih lil Muslimil Mu’ashr oleh DR. Yusuf Qardhawi pada hal. 235-236 :

Bekam adalah termasuk fardhu kifayah. Jika di sebuah wilayah tidak ada seseorang yang mempelajarinya, maka semua penduduknya akan berdosa. Namun jika ada salah seorang yang melaksanakannya serta memadai, maka gugurlah kewajiban dari yang lain. Menurut saya. Sebuah wilayah kadang membuthkan lebih dari seorang. Tapi yang terpenting adalah adanya jumlah yang mencukupi dan memenuhi seukuran kebutuhan yang diperlukan.

Jika di sebuah wilayah tidak ada orang yang ahli bekam, suatu kehancuran siap menghadang dan mereka akan sengsara karena menempatkan diri di ambang kehancuran. Sebab Dzat yang menurunkan penyakit  juga menurunkan obatnya, dan memerintahkan untuk menggunakannya. Maka dengan meremehkannya berarti sebuah kehancuran telah menghadang.


2.       BEKAM ITU SUNNAH PARA RASUL

Iman Nawawi Al Banthani menulis dalam kitab Tanqihul Qaul, hadits bahwa nabi SAW bersabda, “Dari enam perkara sunnah para rasul, salah satunya adalah BERBEKAM.”


3.       BEKAM ITU SEBAIK-BAIKNYA PENGOBATAN

Dari Ibnu Abbas ra Nabi SAW bersabda, “Pengobatan itu ada tiga macam: (1) Minum madu, (2) Berbekam, dan (3) Kay dengan besi panas. Dan aku melarang umatku untuk berobat dengan kay.’ ( H.R. Bukhari )

Dari Humaid Ath Thawil ra, dari Anas bin Malik ra, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya sebak-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam.” (H.R. Tirmidzi)





LANDASAN DAN PENGERTIAN BEKAM LANDASAN DAN PENGERTIAN BEKAM Reviewed by Muhlisin on 06:58 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.