Sponsor

PERALATAN DAN JENIS - JENIS BEKAM





PERALATAN  BEKAM
Bekam modern yang kita kembangkan sekarang adalah bekam yang didukung oleh peralatan kesehatan yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga lebih mudah pengerjaanya, lebih modern dan lebih higinis.
Adapun peralatannya terdiri dari:
1.      Cupping set & hand pump ( Gelas vakum 1 set dan pompa tangan)
2.      Lancing device ( alat penjaruman)
3.      Lancet (jarum, bersifat disposal)
4.      Steril cotton (kapas steril)
5.      Steril tissue (tissue steri)
6.      Rubber gloves (sarung tangan karet, bersifat disposal)
7.      Cairan  antiseptic (alcohol/but-but/miyak zaitun)
8.      Tensimeter (alat pengukur tekanan darah)
9.      Glucometer (alat  pengukur kadar gula darah)
10.  Pisau cukur
11.  Pisau bedah (disposal)
12.  Plastic tempat sampah
13.  Miyak But-But HPA

JENIS  BEKAM
Ada  4 jenis bekam yang dapat dipraktekkan:
1.      Bekam Basah (Wet Cupping)
Di sini permukaan  kulit dilukai dengan jarum dan kemudian disedot  keluar darah yang mengandung racun tersebut. Durasi setiap sedotan adalah 3-5 menit dan kemudian dibersihkan. Waktu interval bekam basah pada tempat yang sama paling cepat adalah 2 minggu, dengan catatan jika hal itu memang perlu. Tanda bekam akan hilang dalam 3-5 hari jika diurut dengan minyak But-but / zaitun.
2.      Bekam kering ( Dry Cupping)
Di sini darah tidak dikeluarkan. Tetapi memiliki dampak yang tidak kalah efektifnya dengan bekam basah. Bekam jenis ini baik untuk pasien yang tidak tahan sakit ditusuk jarum. Bekam ini hanya terdiri  dari 1 (satu) sedotan dan dibiarkan selama 15-20 menit. Tanda bekamnya akan hilang dalam waktu 1 minggu dan akan lebih cepat hilang jika diurut dengan minyak But-but.
3.      Bekam luncur
Sebelum bekam dilakukan, olesilah minyak But-but/zaitun pada permukaan kulit secukupnya, kemudian bekamlah pada kulit yang telah licin tersebut sesuai dengan daya tahan tubuh si pasien. Gelas vakum dapat diluncurkan. Hak ini bisa dilakukan pada kulit yang berotot tebal dan datar. Bekam jenis ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, pelemasan otot, dan meyehatkan kulit.
4.      Bekam Tarik
Bekam ini dilakukan seperti ditarik-tarik. Dibekam hanya beberapa detik kemudian ditarik dan ditempelkan lagi hingga kulit yang dibekam menjadi merah. Bekam jenis ini sering dilakukan pada permukaan  kulit yang tidak rata atau gelas vakum yang tidak biasa menempel.
PERALATAN DAN JENIS - JENIS BEKAM PERALATAN DAN JENIS - JENIS BEKAM Reviewed by Muhlisin on 07:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.