Sponsor

APA ITU BEKAM SINERGI





APA ITU BEKAM SINERGI
Bekam sinergi merupakan istilah baru dalam dunia pengobatan bekam di Indonesia. Biasanya yang sering kita dengar adalah sebatas bekam basah, bekam kering, bekam luncur, dan bekam api. Kemungkinan baru sekali ini kita mengetahui istilah bekam sinergi.
                Sebelum membahas konsep bekam sinergi lebih mendalam, alangkah baiknya bila kita menyamakan persepsi tentang definisi bekam. Ada beberapa definisi bekam yang saling melenhkapi satu sama lain. Definisi-definisi tersebut yaitu:
WIKIPEDIA INDONESIA mendefinisikan bekam atau hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah Bahasa Arab Hijama yang berarti pelepasan dah kotor. Sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk (http://id.wikipedia.org/wiki/bekam)
PENELOPE ODY menyatakan bekam adalah sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam mengkuk seperti gelas atau bambu.
USTADZ KATHUR SYHARDI menjelaskan bekam merupakan  metode pengobatan dengan penyedotan kulit di bagian-bagian tertentu untuk mengeluarkan racun dan oksidan dalam tubuh melalui torehan tipis yang mengenai pembuluh darah kapiler pada epidermis.
DOKTER WADAN  A. UMAR dalam bukunya “Sembuh dengan Satu Titik” mengatakan, bekam adalah metode pengobatan dengan metode tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Terjadinya bendungan lokal disebabkan tekanan negatif dalam tabung yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukkan kedalam tabung agar terjadi pengumpalan darah lokal. Kemudian darah yang telah kumpul dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan ,menigkatkan sirkulasi energi/ Qi dan darah/Xue, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, serta mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab.
                Adapun definisi BEKAM SINERGI adalah sebuah metode penangan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar dan 6 patogen ekternal yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.
                Bekam sinergi juga bermakna sinergi dalam diagnosis penyakit yang menerapkan  sinergi tiga ilmu pengobatan, yaitu Thibbun Nabawi, Tradisional Chinese Medicine (TCM) dan Modern Medicine. Ketiga ilmu Allah ini disinergikan dalam mendiagnosa  sebuah penyakit bisa di lakukan terapi bekam atau tidak.
Mekanisme teknik membekam, pada dasarnya sama dengan pembekaman yang sudah ada. Bekam sinergi memakai teknik bekam basah dengan surgical blade (pisau bedah) untuk menyayat, bekam kering, bekam luncur, dan bekam api.  Bekam sinergi menyakini, bagian yang paling  membutukan kecermatan ketika menangani pasien adalah saat melakukan diagnosis.
Bekam berawal dari pengobatan tradisional. Baik kedokteran tradisional Cina, Arab, Yunani, India dan Persia. Maka kami memandang ilmu diagnosis bekam tidak boleh melupakan konsep tradisional. Bahkan kini ilmu kedokteran  modern sudah menemukan secara luas manfaat bekam untuk mengobati berbagai kasus penyakit.
Bekam sinergi menggunakan diagnosis medis untuk memulai pengobatan dengan menggunakan bekam. Karena diagnosis penyakit yang bisa diketahui masyarakat menggunakan istilah penyakit medis, seperti hipertensi, asma, diabetes, katarak, bronkitis dan lain-lain. Hasil diagnosis medis dimasukkan dalam penyakit tipe panas dan dingin menurut ulama thibbun nabawi dan konsep kedokteran timur.
Selaian dalam diagnosis, sinergi dengan medis juga dipakai pada teknis membekam yang higenis dan steril dengan memakai  panduan kedokteran modern. Karena dalam membekam melakukan tindakan  bedah minor yang diperlukan perhatian khusus terkait dengan desinfeksi alat dan bahan serta sterilitas dalam membekam.



 



APA ITU BEKAM SINERGI APA ITU BEKAM SINERGI Reviewed by Muhlisin on 10:26 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.