Sponsor

MENCEGAH TEKANAN DARAH YANG MEMATIKAN DENGAN BEKAM EPS 04






MENCEGAH TEKANAN DARAH YANG MEMATIKAN DENGAN BEKAM EPS 04

Selain itu, dr. Muhammad ‘Ali al-Baar  mengatakan: “Adapun hikmah bekam pada saat terjadi tekanan darah tinggi dan meningkatnya pada pertengahan bulan telah dijelaskan oleh Ibnu Sina dalam kitab al-Qaanuun,  di mana dia mengatakan: ‘Diperintahkan untuk berbekam, tetapi tidak di awal bulan, karena berbagai pencampuran cairan tubuh kurang aktif bergerak dan tidak normal, dan tidak juga di akhir bulan, karena berbagai pencampuran cairan tubuh itu terkadang mengalami pengurangan, tetapi diperintahkan melakukannya di pertengahan bulan, ketika pencampuran darah bergolak dan mencapai puncak penambahannya, karena bertambahnya cahaya di planet bulan (maksudnya adalah bertambahnya  pengaruh gravitasi bulan terhadap bumi. Dan ketika bulan purnama adalah matahari, bulan dan bumi ada pada satu kedudukan yang sejajar atau segaris).
            Ini merupakan catatan yang sangat baik yang disampaikan oleh Ibnu Sina. Telah ditekankan pula oleh para peneliti di zaman medern ini, yaitu bahwa seseorang akan mengalami penambahan darah pada hari-hari dan malam-malam bulan purnama (yakni, malam ketiga belas, keempatbelas, dan kelimabelas).
            Dr. Leiber, seorang ahli psikologi, di miami, Amerika serikat menyatakan bahwasanya ada hubungan yang sangat kuat  antara perilaku emosi manusia dengan perputaran bulan, khususnya antara para pecandu alkohol dan orang-orang  yang gampang terpengaruh oleh berbagai macam peristiwa terkini, dan yang mempunyai kecenderungan kriminal.
Kemudian dia menjelaskan teorinya itu  seraya mengatakan bahwa tubuh manusia ini  seperti permukaan  bumi yang terdiri dari 80% air, sementara sisanya berasal dari zat yang padat.
            Beranjak dari hal tersebut, dia meyakini bahwa kekuatan gravitasi bulan yang meyebabkan pasang-surut di laut, juga akan meyebabkan gejolak  cairan-cairan dalam  tubuh kita, yaitu ketika  bulan sampai di puncak kesempurnaannya pada tanggal 13, 14, dan 15. Dan itulah yang telah diungkapkan  oleh orang-orang  terdahulu dengan: “Darah bergejolak  dan campuran cairan-cairan mengalami keguncangan. (yang benar adalah hyperemia, artinya kelebihan darah pada suatu bagian).
            Di dalam kitab ath-Thibbun Nabawi wal ‘Ilmul Hadiits, (III/96-97), dr. An-Nasimi mengatakan:
            “Menurut bahasa, tabayyugh berarti tambahan. Abu ‘Ubaid menyatakan dari al-Kisa-i, ‘Tabayyugh berarti tahayyuj.’ Dalam kitab Lisaanul ‘Arab: tabayyagha bihid dam berarti tabayyaja bihi.  Hal itu pada saat tampak warna merah pada badannya. Kata tabayyugh ini,  oleh penulis kitab al-Qaamuus ath-Thibb, diartikan sebagai hypeshemie (artinya kelebihan  darah pada suatu bagian).
            Dengan demikian, tabayyughud dam berarti penambahan atau pergolakan yang  lebih banyak menimbulkan efel lebih banyak dari apa yang timbul  pada hipertensi, khususnya warna kulit yang memerah, yakni yang diikuti oleh sumbatan pada wajah, kedua kelopak mata, kedua bibir, kedua tangan, dan kedua kaki, sebagaimana yang terjadi pada polynucleosis (banyaknya bintik merah), yaitu warna merah nyata yang darinya terdapat sebab-sebab yang  bersifat sekunder. Ada juga di antaranya yang bersifat elementari, yaitu yang bersifat dasar. Di antara sebab-sebab sekunder dari penyakit jantung adalah  gejala kebiru-biruan, menempelnya selaput jantung dan meyempitnya paru-paru yang menekan darah, serta banyaknya bintik-bintik merah pada saat terjadi hipertensi, gangguan limpa. Dahulu penyakit-penyakit itu belum sempat dianalisa dan belum dapat dibedakan satu dengan yang lainnya, tetapi cukup hanya dengan penyebutan indikasi yang menyertainya, yaitu tabayyuhud dam.
            Di antara indikasi yang tampak jelas  saat terjadi hipertensi dan pada penyakit-penyakit yang timbul saat itu adalah munculnya banyak bintik merah, pusing dan perasaan berat di kepala, merasa berputar-putar, dan mudah emosi. Terkadang terjadi pula gangguan pandangan. Di antara obat yang paling bermanffat ketika terjadi  semacam itu adalah al-fasdhu veneseksi (venesection) dan bekam dengan sayatan.
            Kata tabayyuhud dam, beberapa indikasi hipertensi, dan banyaknya bintik merah telah disebutkan di beberapa hadits Rasulullah SAW, dari Anas ra, dia becerita: “Rasulullah  SAW bersabda:
اذا اشتد الحر فاستعينوا بالحجامة لا يتبيع الدم باحدكم فيقتله
‘Jika terjadi panas memuncak, maka netralisirkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang di antara kalian yang akan membunuhnya.
            Dari Ibnu ‘Abas ra, dia bercerita: “Nabi Allah SAW bersabda:
نعم العبد الحجام, يذهب الدم ويخف الصلب ويجلو عن البصر.
‘Sebaik-baik hamba tukang bekam, mengeluarkan darah  dan meringankan  tulang rusuk serta memperjelas pandangan.
            Praktek bekam yang disebabkan oleh tabayyuhud dam  terus berlangsung  pada masa-masa peradaban Islam Arab, dan dipraktekan dengan sayatan pada dua urat merih (jaguar vein) dan bagian tengah antara dua pundak yang merupakan pangkal leher.
            Ibnu Sina telah mengisaratkan  beberapa aspek kegunaannya secara medis di dalam kitabnya  al-Qaanuun.
Abu Anas, semoga Allah memberikan ampunan kepadanya, mengatakan:
            “Dari ungkapan para dokter dan ulama tersebut di atas tampak jelas bagi setiap orang  berakal yang selalu peduli terhadap kesehatannya akan pentingnya bekam dalam mencegah berbagai macam penyakit darah yang mematikan. Oleh karena itu, Nabi kita Muhammad SAW menegaskan sekaligus menekankan pentingnya bekam ini, bagaimana tidak, sedang bekam itu adalah wasiat para  Malaikat langit. Sedang  Nabi SAW sendiri telah datang dengan membawa  pengobatan tubuh dan ruh. Beliaulah SAW yang gigih dan peduli  terhadap ummatnya, sebagaimana yang disifatkan  oleh Rabb-nya:
عزيز عليه ما عنتم حريص عليكم بالمؤمنين رءوف رحيم.
Berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (QS. At-Taubah: 128).
Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi antum sekalian di manapun berada salam hangat salam sehat selalu.... by MUHLISIN BIBIT UNGGUL
Hp/wa 085740034460 / 082136341115




MENCEGAH TEKANAN DARAH YANG MEMATIKAN DENGAN BEKAM EPS 04 MENCEGAH TEKANAN DARAH YANG MEMATIKAN DENGAN BEKAM EPS 04 Reviewed by Muhlisin on 21:33 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.